Bupati OKU Timur dan Kakanwil DJKN SJB Serta Kepala KPKNL Palembang Bahas Pengelolaan Aset di OKU Timur

  • Bagikan

Kabarsumatera.co.id, OKU Timur – Bupati Ogan Komering Ulu Timur H Lanosin ST terima Audiensi Kepala Kanwil DJKN Sumsel Jambi Babel (SJB) dalam rangka kunjungan kerja Kepala Kantor DJKN dan Penggalian Potensi Kerjasama dengan Pemkab OKU Timur, bertempat di Ruang Audiensi Kantor Bupati OKU Timur. Selasa 6 Juli 2021.

Bupati OKU Timur, H. Lanosin, S.T. didampingi Asisten II Setda OKU Timur Ir. M. Husin, Kepala BPKAD OKU Timur Agustian Pahrimale, S.H., M.H. dan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa. Sementara dari DJKN Wilayah SJB atau Sumsel Jambi Babel dihadiri langsung oleh Kepala Kanwi Surya Hadi didampingi oleh Kepala KPKNL Palembang, Ridho Wahyono.

Dalam audiensi tersebut, Kepala DJKN Wilayah SJB Surya Hadi menyampaikan dukungannya kepada pemerintah daerah OKU Timur dalam hal penilaian dan pengelolaan aset ataupun milik negara.

“Kami mendukung program-program daerah. Kemudian kami siap mendukungan dan bekerjasama dengan pemerintah dalam hal penilaian dan pengelolaan aset daerah. Selama ini sudah terjalin kerjasama dalam hal pelelangan. Di sinu kami juga sampaikan bahwa kami tidak berbayar, hanya kami minta diberikan keterangan Surat Perintah Jalan atau SPJ. Kami bisa membantu mendata aset-aset yang belum jelas seperti hibah yang belum terselesaikan, ataupun aset yang belum dikembalikan kepada pemerintah daerah” ungkapnya.

Selanjutnya Surya Hadi menambahkan, dirinya juga mohon izin mendata Jalan Nasional sepanjang OKU Timur apakah adanya area komersil seperti pendirian usaha, rumah makan, dan papan reklame, yang berdiri di atas tanah aset negara.

“Selain itu membantu menyaring aset yang sudah tidak terpakai namun masih terus mengeluarkan biaya seperti pajak dan pemeliharaan, lebih baik dihapuskan atau ditutup. Nantinya kerjasama bisa dituangkan dalam sebuah MoU” pungkasnya.

Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. memberikan tanggapan bahwa kerjasama bisa saja terjalin antara pemerintah daerah OKU Timur dan DJKN karena memang perlu adanya bantuan dalam penilaian aset-aset.

“Informasi seperti ini sangat saya butuhkan diawal kepemimpinan saya seperti soal pengelolaan aset dan pelelangan. Penilaian aset tentu kita masih butuh banyak bantuan, karena banyaknya aset yang belum diserahkan atau tidak terdata di pemerintah daerah. Nanti soal kerjasama silahkan dipelajari melalui Asisten II dan Kepala BPKAD” kata Enos, sapaan akrab H. Lanosin, S.T.

Bupati OKU Timur mengucapkan terima kasih atas kunjungan kepala DJKB SJB OKU Timur dan KPKNL Palembang di Kantor Bupati OKU Timur.

Kepala BPKAD, Agustian Pahrimale, SH. MH. mengatakan “Pada 2017 sudah kerjasama. Kemudian 2019 sudah mengajukan permohonan lelang, namun KPKNL dan DJKN masih ada kegiatan penilaian aset milik negara, maka di tahun 2021 ini kita ajukan kembali MoU. Ada banyak hal yang kita perlukan seperti pendataan aset yang fisiknya ada tapi tidak tercatat, atau pun aset tercatat tapi fisiknya tidak ada, ini perlu bantuan dari DJKN terkait inventarisasi aset tersebut,” pungkasnya.

  • Bagikan